13

Pengertian Tali Menali Lengkap

Pengertian Tali Menali- Di kegiatan ke pramukaan, kita sebagai anggota diharuskan tau mengenai dimpul tali menali, tali apa kah kalian tahu? Apa sih tali temali ini? Apa yang sebenarnya disebut dengan tali temali ini? Nah kita akan membahas tuntas msalah ini disini !.

Tali temali memiliki banyak macam bentuk, contoh salah satunya adalah simpul, dan simpul ini banyak sekali digunakan di kegiatan ke pramukaan. Contoh salah satunya ialah simpul pangkal, simpul ini sangat berguna untuk mempererat ikatan tali.

Nah itu semua akan kita bahas tuntas disini, jadi ikutin terus penjelsan di bawah ini:

Sejarah Tali Temali

Ada beberapa orang ahli yang mengomentari tentang pertama kali ditemukan/dibuat ini. Contohnya: Shaker (1983), Takjoedin (1981), dan Steven Ashton (1987).

Kali ini kita akan coba membahas mengenai semua pendapat yang diutarakan oleh mereka dengan detail dan lengkap, untuk lebih menambah wawasan kita mengenai pertama kali dibuatnya tali ini.

Shaker (1983)

Pendapat yang dikemukakan oleh Shaker (1983) adalah bahwa orang Mesir merupakan orang atau golongan manusia yang pertama kali menggunakan tali yaitu 5000 tahun dahulu.

Takjoedin (1981)

Pendapat lain juga disampaikan oleh (Takjoedin, 1981) yang berkomentar bahwa bangsa Yunani pada zaman pra sejarah mempunyai seorang dewa yaitu Dewa OG yang  merupakan pembuat atau pencipta tali yang pertama.

Steven Ashton (1987)

Ahli sejarah yaitu Steven Ashton (1987) berpendapat bahwa tali pertama yang digunakan untuk aktivitas pendakian terbuat dari pintalan serabut hemp. Setelah Perang Dunia ke-2, Hawser-Laid diperkenalkan manakala Tali Kernmantel diperkenalkan pada tahun 1950-an

Pengertian Tali Temali

Anak pramuka sejati pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Tali Menali. Mungkin juga bagi anak Pramuka tali, simpul, dan ikatan itu seperti mainan baginya. Tapi nggk sih anak pramuka mengenai pengertian seni tali menali ini? Untuk menambah wawasan, maka kakibu akan menjelaskannya kepada teman-temanku semua.

Tali Temali merupakan salah satu seni menyambung tali dengan menggunakan simpul-simpul sehingga bisa membantu mempermudah pekerjaan kita. Contoh: Membuat tandu, tiang bendera, mempasak tenda, dll.

Kita tau bahwa kegiatan pramuka tidak lepas dari yang namanya menjelajah alam. Dalam kegiatan penjelahan tersebut kita akan dihadapkan dengan alam liar, sehingga keahlian dalam menentukan tempat yang pas untuk berkemah adalah sesuatu yang sangat sulit.

Tidak hanya menentukan tempat berkemah, bahkan untuk mendirikan tenda yang kokoh saja sangat sulit. Oleh karena itu kita membutuhkan simpul tali menali untuk memperkokoh ikatan tali kita.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.