1
19

Jenis-Jenis Ikan Lele Konsumsi

Ikan lele konsumsi – Pada dasarnya ikan lele konsumsi merupan ikan yang banyak di konsumsi di indonesia. Tidak hanya itu ikan lele juga merupakan salah satu hewan dengan pertumbuhan yang cepat.

Nan, kalian tau ngga sih? Bahwa ikan lele juga mempunyai banyak jenis yang sering di budidaya orang di indonesia.

Apa aja sih jenis-jenis ikan lele, dari pada kalian penasaran dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Ikan Lele

Lele Dumbo

Lele Dumbo merupakan jenis unggul yang kali pertama diintroduksi ke Indonesia pada awal tahun 1980-an. Ikan ini berasal dari Afrika.

Tubuhnya bewarna coklat kehitaman dan akan timbul bercak-bercak warna putih bila terkejut atau stress. Dipelihara di kolam lele Dumbo bisa tumbuh bongsor dan besar. Dari ukuran tubuhnya yang besar inilah akhirnya nama Dumbo disematkan pada lele ini.

Dibanding jenis lele lokal, patil lele dumbo tidak beracun sehingga relatif lebih aman bila dipegang dengan tangan kosong. Selain itu ukuran misai (sungut) lele dumbo juga lebih panjang dibanding lele lokal.

Lele Sangkuriang

Nama sangkuriang berasal dari cerita rakyat Jawa barat, yakni Asal mula gunung tangkuban perahu. Di mana si Sangkuriang ini ingin menikahi Ibunya.

Dari Namanya, jelas ikan unggul ini ditemukan di Jawa Barat. tepatnya di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Sangkuriang I dikenalkan kepada publik  di tahun 2004, kemudian sangkuriang II dikembangkan antara tahun 2010 – 2012.

Meskipun sudah belasan tahun, ternyata sangkuriang masih populer di masyrakat. Saya pun heran.

Ikan lele ini sebenarnya dalah keturunan ikan lele dumbo. Sangkuriang I mulai dikembangkan setelah ikan lele dumbo yang di tanah air mulai menurun kualitasnya, ikannya makin kecil.

Lele Masamo

Lele Masamo diproduksi dan diperkenalkan pertama kali oleh pabrik pakan ikan PT. Matahari Sakti di Mojokerto, Jawa Timur. Lele Masamo merupakan hasil pengumpulan sifat berbagai plasna nutfah lele dari berbagai negara.

Di antaranya adalah lele Dumbo dan Clarias macrochephalus (bighead catfish) yang merupakan lele Afrika yang dikembangkan di Thailand

Lele Masamo memiliki ciri-ciri ukuran tubuh lebih lonjong, menyerupai sepatu pantofel model lama. Sirip (patil) lebih panjang, badan lebih panjang dan bewarna kehitaman.

Ciri khas lainnya, ketika Lele Masamo stress akan muncul warna keputihan atau keabu-abuan. Ciri lainnya, lele Masamo memiliki tonjolan di tengkuk kepala serta bentuk kepala yang lebih runcing.

Lele Mutiara

Lele mutiara dikenalkan ke Publik pada tahun 2015. Dikembangkan oleh Balai Riset dan Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamadi, Subang, Jawa Barat.

Nama lele mutiara sendiri merupakan kependekan dari Mutu Tinggi Tiada Tara (Mutiara). Lele ini berasal dari persilangan strain (jenis) lele mesir, lele paiton, Sangkuriang, dan Dumbo selama 3 generasi.

Digadang gadang lebih baik dari lele lain, bahkan mengalahkan sangkuriang, berikut ini ciri dan kelebihan lele mutiara :

  • Warna abu abu gelap
  • 10-40 % lebih cepat tumbuh daripada benih lain
  • Pemeliharaan Benih lebih singkat : untuk ukuran tebar 100/m2 butuh waktu 40-50 hari untuk menghasilkan benih 5-7cm atau 7-9cm, sementara untuk padat tebar 200 benih /m2 perlu waktu 60-80 hari
  • ukuran benih relatif sama, tidak perlu sortir.  Saat pemanenan pertama ditemukan 80-90% benih siap jual
  • Lebih tahan penyakit
  • Heamat pakan (Food convention ratio  hanya 0,6 – 0,8 saat pendederan dan 0,8 – 1 saat pembesaran.
  • Ciri kengkap lele mutiara bisa  anda temukan di Keputusan menteri kelautan dan Perikanan nomor 77 tahun 2015

Sampai artikel ini ditulis, lele mutiara masih dianggap sebagai strain terbaru ikan lele. Tolong Infokan ke saya via komentar atau email jika sudah ada update

Lele Phyton

Lele Phyton dikenal juga dengan nama ikan Lele Paiton. Varietas ikan lele ini merupakan hasil perkawinan antara induk betina lele dari Thailand F2 dengan induk jantan lele dumbo F6.

Ikan ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2004 oleh para sekelompok pembudidaya ikan lele yang ada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Awalnya pengembangan ini hanya dilakukan percobaan semata dan bukan melalui proses riset di laboratorium namun secara tidak sengaja muncullah jenis baru yaitu lele phyton yang ukurannnya lumayan besar serta cocok untuk konsumsi.

Lele Phyton mempunyai ciri warna dan bentuk kepala yang hampir menyerupai bentuk kepala ular phyton. Boleh jadi karena inilah pembudidaya ikan lantas memanggil lele varietas ini dengan nama lele Phyton.

Ciri-ciri lainnya, lele Phyton memiliki ukuran mulut relatif kecil dan kepala pipih memanjang dengan warna yang cerah.

Beberapa keunggulan lele Phyton atau Paiton ini di antaranya mudah beradaptasi dan juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, dapat dibudidayakan di segala cuaca, iklim, maupun suhu baik itu dingin atau panas.

Selain itu, tingkat kelangsungan hidup (survival rate) lebih dari 90%. FCR 1, derajat penetasan telur mencapai 90 persen. Selain itu, waktu pemeliharaan yang sangat singkat yaitu mulai dari telur sampai benih siap jual (7-8 cm) hanya membutuhkan waktu 1,5 bulan.

Begitupun pembesaran, benih ukuran 7-8 cm hanya membutuhkan waktu 2 bulan (55-60 hari) dengan ukuran panen 125-150 gr/ekor

Lele Mandalika

Nama Mandalika semakin melejit saat dibuat sirkuit Moto GP pertama di Indonesia.

Tidak hanya itu, nama daerah ini juga diabadikan menjadi nama ikan lele. Sesuai namanya, Ikan lele mandalika berasal dari Nusa Tenggara Barat, tepatnya dikembangkan oleh Instalasi Balai Benih Ikan Batu Kumbung, di bawah naungan Balai Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar, Provinsi NTB.

Ikan lele mandalika merupakan hasil persilangan antara betina sangkuriang dan jantan masamo.

Ikan ini diklaim mempunyai beberapa kelebihan seperti berikut :

  • survival ratenya lebih dari 90%
  • Di NTB, diklaim lebih menguntungkan daripada sangkuriang
  • Bisa dibudidayakan di dataran rendah maupun dataran tinggi
  • Pertumbuhan lele mandalika 22% lebih baik daripada ikan lele lain
  • Lebih subur daripada jenis lainnnya
  • Food COnversion Rationya 0,6-0,7%

Lele mandalika dikenalkan ke Publik melalui Keputusan Menteri Perikanan nomor 42 tahun 2014.

Lele Afrika

Ada yang bilang ikan lele afrika adalah ikan lele dumbo itu sendiri. Sebagian lagi mengatakan berbeda.

Ikan lele jenis ini masih ada yang membudidayakan. Warnanya hitam panjang mirip ikan lele dumbo.

Nah, mungkin cukup sekian artikel pembahasan mengenai jenis-jenis lele yang saya ketahui, dan mungkin kalau kalian ingin beli bibit ikan lele kalian bisa beli di koinilmu.com atau bisa click disini

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.