Cara Bermain Catur Untuk Pemula

4 min read

Catur adalah salah satu olah raga yang paling banyak diminati, karena olah raga ini tidak membutuhkan banyak gerak. Tak hanya itu, catur juga membutuhkan strategi dan konsentrasi tinggi.

Nah, sebelum kita masuk ke cara bermain catur, alangkah bagusnya jika kita mengenal catur lebih dalam lagi.

Apasih catur itu? Gimana sih memainkan catur? Catur merupakan olah raga yang di mainkan oleh dua orang pada papan kotak yang berwarna hitam dan putih yang berjumlah 64 kotak. Sedangkang buah catur sendiri terdiri dari 8 pion dan 8 perwira (2 kuda, 2 gajah, 2 benteng, 1 menteri, serta ratu dan raja).

Setelah kalian tahu tentang apa itu catur, kalian juga harus tahu istilah-istilah dalam catur.

Istilah Dalam Permainan Catur

koinilmu.com

  1. Double strack, merupakan serangan ganda yang dilakukan pemain dengan melangkahkan buah catur serta mengancam lebih dari stu buah catur.
  2. Pin/Ikatan adalah kodisi saat buah catur lawan tidak bisa bergerak, dengan terpaksa karena mengancam buah catur lainya.
  3. Fork/Garpu adalah trik garpuan yang dilakukan dengan melangkahkan buah catur dengan langkah kuda, dan mengancam lebih ari dua buah catur lawan.
  4. Sweker/Tusuk sate yakni pemain melangkahkan buah catur, sehingga mengancam lebih dari satu buah catur lawan secara vertikal, horizontal, maupun diagonal.
  5. Discover attack cara ini merupakan ancaman bagi lawan yang dilakukan dengan melangkahkan buah catur untuk keuntungan buah catur itu sendiri dan yang lainya.
  6. Zugzwang yaitu kondisi yang dimana ketika pemain  mau tidak mau harus melangkahkan buah catur dengan pola tertentu, meski akhirnya merugiakan.
  7. Black Rank menggambarkan kondisi ketika raja berada di barisan paling belakang dan pion yang melindunginya tidak digerakakan, sehingga rawan dimatikan lawan.
  8. Clearance/Pembersihan terjadi ketika pemain menggerakkan suatu buah caatur sebagai persiapan melangkah buah catur lainya, taktik ini juga bisa dilakukan sebagai pancingan agar buah catur tertentumilik lawan begerak dari petaknya.
  9. Combination taktik kombinasi yang dilakukan untuk membuat lawan dilema antara bereaksi terhadap langkah pengorbanan atau mengabaikannya. Kedua pilihan tersebut tidak menguntungkan lawan.
  10. En passant yakni menggerakkan pion dua langkah ke depan dan ada pion lawan di satu petak dalam baris tujuan. Akibatnya, pion lawan bisa menangkap pion yang baru melaluinya, dan menempati petak tersebut. Gerakan ini hanya dapat dilakukan setelah pion maju dua petak, maupun ketika lawan kehilangan hak en passant.
  11. Promosi kondisi ini terjadi ketika pion bergerak maju hingga ke baris terakhir, pion pun ditukar dengan gajah, benteng, kuda, atau ratu.
  12. Skak. Skak terjadi ketika raja diserang oleh satu atau lebih buah catur lawan. Pada keadaan ini, raja harus digerakkan ke posisi aman. Cara lainnya adalah menggerakkan buah catur lain di petak kosong dekat raja agar raja aman dari serangan.
  13. Skak Mat. Yaitu ketika posisi raja sudah ‘terkunci’, sehingga setiap gerakan yang akan dilakukan, tetap akan membahayakan diri sendiri. Permainan dianggap berakhir jika telah terjadi skak mat.
  14. Remis. Yang termaksud remis adalah kondisi seri ketika kedua pemain tidak mencapai skak mat.

Cara Bermain Catur

koinilmu.com

1. Mengatur Papan Catur Yang Benar

Permainan catur diawali dengan membentangkan papan sehingga ada petak berwarna putih (atau terang) pada sisi kanan bawah tiap pemain. Bidak catur kemudian diatur dengan cara yang selalu sama. Baris terdepan diisi pion. Sedangkan baris belakang, diisi para perwira hingga raja, dengan susunan seperti berikut:

  • Hadapkan papan catur dengan kotak putih di bagian ujung kanan
  • Susun 8 Pion pada kotak barisan kedua
  • Letakkan 2 Benteng di sudut kiri dan kanan barisan pertama
  • Tempatkan 2 Kuda di sebelah benteng
  • Posisikan 2 Gajah di sebelah kuda
  • Taruh 1 Ratu/Menteri sesuai warnanya pada kotak yang tersisa
  • Kotak terakhir diisi oleh 1 Raja

2. Mempelajari Setiap Bidak Yang Bergerak

Masing-masing dari 6 jenis buah catur berlalu dengan cara yang berbeda. Buah catur tidak dapat melewati buah lain (kecuali kuda yang bisa melompat pada buah lain), dan tidak pernah bisa menempati plot yang telah ditempati oleh salah satu buahnya.

Namun, catur dapat ditempuh untuk menempati raster yang ditempati oleh buah lawan, yang karenanya akan dipukul atau dimakan. Buah catur biasanya dimasukkan ke dalam plot di mana ia dapat mencapai buah lain (meletakkannya di plot, kemudian menggantinya), atau menguasai petak-petak penting dalam permainan.

  • Raja(King)

Raja dalam bentuk catur ini adalah yang tertinggi di antara bidak catur lainnya. Raja bisa bergerak kemana saja, baik kiri ke kanan, depan ke belakang, diagonal, vertikal, dan hitam putih. Namun, raja hanya bisa bergerak selangkah demi selangkah.

  • Ratu(Queen)

Ada raja, dan tentu saja ada ratu.Ratu bisa bergerak seenaknya, maju, mundur, menyamping atau diagonal, asalkan tidak menembus buahnya sendiri. Namun, wanita ini tidak bisa menggerakkan huruf L seperti kuda. Karya ini tidak hanya dikenal oleh Ratu, tetapi juga dikenal sebagai Menteri. Kebanyakan pemain catur mengandalkan bidak ini untuk menyelesaikan bidak lawan.

  • Gajah(Bishop)

Jika gajah atau uskup ini dapat bergerak secara diagonal dan bebas dari jumlah langkah. Setiap menteri mulai dengan warna (hitam atau putih) dan harus selalu dalam warna itu. Dua menteri dapat bekerja dengan baik karena mereka menutupi kekurangan yang lain.

  • Kuda(Knight)

Jika kuda ini memiliki langkah, itu akan lebih menarik, tidak seperti petani lainnya. Langkah kuda ini hanya bisa bergerak seperti huruf L. Ini berarti bahwa kuda dapat bergerak maju dua kotak dalam garis lurus, dan kemudian bergerak satu kotak ke kanan atau kiri.

Sekali lagi, perbedaannya adalah meskipun beberapa bidak catur menghalangi kuda di depannya, asalkan mengikuti jalur seperti huruf L, kuda itu masih bisa melewatinya dengan bebas.

  • Benteng(Rook)

Benteng dapat melaju sebanyak yang diinginkannya, tetapi hanya dapat maju, mundur, dan menyamping. Benteng adalah perwira yang sangat kuat, terutama ketika dua orang saling melindungi dan bekerja sama! Jalan melalui benteng tidak boleh landai seperti halnya pendeta/uskup.

  • Pion(prajurit)

Pion adalah bidak unik, karena mereka bergerak dan menyerang dengan cara yang berbeda. Pion melangkah maju, tetapi memukul bidak lawan secara diagonal.

Pion hanya dapat mengambil langkah maju pada bingkai depan, kecuali pada langkah pertama untuk memajukan dua grafik. Apalagi ada keuntungan dari piamale ini. Sepotong yang satu ini dapat ditukar dengan pejalan kaki yang dimakan oleh lawan.

3. Strategi Dalam Catur

koinilmu.com

Keahlian pertama dalam catur tentu saja menentukan strategi. Tanpa strategi, kami tidak akan siap untuk memerintahkan bagian-bagiannya.Ada empat hal sederhana yang harus diketahui setiap pemain catur:

  • Melindungi Raja

Letakkan raja Anda di sudut bingkai yang umumnya lebih aman. Jangan menunggu Rokade (gerakan khusus catur yang melibatkan raja dan benteng dengan warna yang sama). Anda biasanya perlu meningkat secepat mungkin. Jangan lupa bahwa Anda hampir membutuhkan lawan, itu tidak berarti jika Anda bersemangat saya!.

  • Jangan Membuang-Buang Buah Catur

Setiap buah catur memiliki nilai masing-masing, itulah mengapa kamu tidak boleh mengorbankan buah catur begitu saja. Jangan pernah melepaskan buah catur secara cuma-cuma, karena semua buah catur berharga.

  • Pion bernilai 1
  • Kuda bernilai 3
  • Gajah bernilai 3
  • Benteng bernilai 5
  • Menteri bernilai 9
  • Raja sangat berharga

 

  • Menggunakan Semua Buah Catur

Dalam permainan catur, kamu sebaiknya menggunakan seluruh buah catur. Meski buah catur tertentu punya kekuasaan melakukan banyak skak, bukan berarti kamu mengabaikan buah catur lainnya.

Usahakan untuk menggerakkan semua perwira sehingga ada banyak sumber daya yang dapat digunakan untuk menyerang, terutama melawan musuh yang mumpuni.

  • Memprediksi Langkah Lawan

Cara main catur yang sering diabaikan yaitu memprediksi langkah lawan berikutnya. Dengan begitu, kesempatan lawan untuk mengalahkan kamu makin kecil.

Pergerakan setiap buah catur sangat berarti, karena bisa memengaruhi buah catur yang lain. Jika kamu tidak memikirkan kemungkinan yang bakal terjadi, maka lawan bisa saja menyerang buah catur yang tidak kamu lindungi.

Pastikan juga kamu memiliki gerakan serangan balik. Misalnya, kamu harus menyerahkan Pion ke Gajah lawan, yang berarti kamu bisa mengambil Gajah tersebut dengan Kuda milikmu. Pengorbanan inilah yang harus direncanakan dengan tepat.

Itulah cara mudah bermain catur yang bisa dicoba bagi pemula. Makin banyak kamu berlatih, maka makin bertambah keahlianmu membaca pergerakan lawan. Kamu bisa bermain catur secara langsung atau dari aplikasi permainan catur.

  • Kuasai Pusat Papan

Anda harus berusaha mengendalikan pusat papan dengan perwira dan pion. Dengan mengendalikan pusat, Anda akan lebih leluasa dalam melangkahkan bidak Anda dan akan mempersulit lawan menemukan petak yang baik untuk bidaknya.

  • Sering-Sering Berlatih

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah banyak-banyak bermain catur! Tak masalah apakah Anda bermain di rumah dengan teman atau keluarga, atau bermain online, Anda harus banyak bermain untuk dapat berkembang.

Zaman sekarang mudah sekali menemukan permainan catur daring (online). Para pecatur online bisa melawan bot/komputer maupun pecatur lainnya.

 

blank

5+ Cara Membersihkan Layar HP

blank suta
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *