5+ Cara Membersihkan Layar HP

3 min read

Handphone merupakan barang elektronik yang wajib di miliki di zaman seperti sekarang ini, dan tidak jarang jika kita setiap saat pasti memegang ataupun membawanya.

Nah, tapi tahukah kalian bahwa layar hp termasuk sarangnya virus-virus berbahaya?.

Bahkan pada tahun 2017 yang diterbitkan dalam journal germs mengamati 27 HP yang di miliki oleh para remaja dan menemukan bahwa layar tersebut menjadi sarang bagi virus dan bakteri.

Termasuk juga E. coli, Staphylococcus aureus, dan streptococcus yang merupakan kuman-kuman menjijikkan.

Tapi, perlu di catatat bahwa handphone bukan termasuk salah satu penyebab utama penyebaran virus. Melainkan virus tersebut dapat bertahan begitu lama dilayar HP tersebut.

Kebanyakan virus flu dapat bertahan selama beberapa jam bahkan bisa berhari-hari, tergantung dengan suhu kelembapan di layar HP tersebut. Adapun kata Dr. Gerba. NOROVIRUS dapat bertahan selama empat mingguan (tambahnya).

Nah, bagaimana tanggapan kalian tentang virus-virus yang bersarang dilayar HP yang sekarang kalian pegang, apakah kalian masih mau untuk tidak membersihkanya selama berhari-hari bahkan dari beli sampai sekarang balum kalian bersihkan?.

Sudah sewajarnya dong jika kita memiliki barang harus dibersihkan dan dirawat dengan baik, apalagi barang tersebut HP yang sering kita pakai dan Kalian bawa.

Dibawah sudah saya tuliskan beberapa cara membersihkan layar handphone dengan baik dan tentunya bersih dari virus.

Beberapa Cara Membersihkan Layar HP

1. Menggunakan Lap / Kain Bersih

koinilmu.com

Jika kalian ingin membersihkan layar HP dengan aman dan praktis, kalian bisa menerapkan cara yang satu ini. Menggunakan kain lembut merupakan cara yang simpel untuk membersihkan layar HP kalian tanpa ribet.

Kenapa kok harus kain lembut sih?. Nah, jika kalian memakai kain dengan tekstur kasar, maka hal tersebut bisa merusak layar HP kalian.

Adapun cara-cara membersihkanya yaitu:

  1. Siapkan kain dengan bahan yang lembut.
  2. Pastikan jika kain yang kalian pakai bersih.
  3. Lalu, kalian bisa langsung mengusap layar HP kalian dengan kain tersebut.
  4. Lakukan hingga menyeluruh ke bagian layar HP kalian dan lakukan beberapa kali sampai bersih.

2. Menggunakan Air Bersih

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan air bersih. Jika kalian membersihkan layar HP dengan lap bersih tapi hasilnya belum maksimal ataupun banyak noda yang masih menempel, kalian bisa menerapkan cara ini.

Adapun cara membersihkanya cukup simpel yaitu:

  1. Layar HP kalian harus dalam keadaan mati.
  2. Jangan menggunakan air berlebihan.
  3. Basahi lap yang ingin dipakai membersihkan dengan air secukupnya.
  4. Kemudian kalian bisa memulai mengelap layar HP dengan hati-hati dan perlahan agar bersihnya maksimal.
  5. Lakukan beberapa kali sampai benar-benar bersih.

Jika kalian sudah selesai membersihkanya, jangan lupa untuk mengelapnya lagi dengan lap bersih atau pakai tisu kering agar HP kalian tidak lembab dan rusak.

3. Menggunakan Cotton Bud

koinilmu.com

Cara yang lain untuk membersihkan layar HP kalian yaitu menggunakan cotton bud. Selain berguna untuk membersihkan telinga, alat ini juga bisa di manfaatkan untuk membersihkan layar HP lho.

Tetapi kalian harus garis bawahi bahwa cotton bud yang kalian pakai untuk membersihkan harus bertekstur lembut, sehingga tidak akan merusak layar HP kalian. Kurang lebihnya seperti halnya nomor 1 tadi lah ya. 

Adapun cara-cara membersihkanya yaitu:

  1. Ambil secukupnya cotton bud.
  2. Lalu basahi ujung cotton bud dengan air yang bersih.
  3. Usapkan pada layar HP kalian yang kotor.
  4. Tidak lupa juga untuk membersihkan sela-sela HP sampai merata.
  5. Ulangi hingga beberapa kali sampai benar-benar bersih.

4. Menggunakan Sikat Lembut

Jika kalian menggunaka cotton bud belum bisa menjangkau sela-sela HP, kalian bisa menggunakan alternatif ini untuk membersihkan sela-sela yang belum terjangkau.

Tapi kalian juga harus tahu bahwa sikat lembut ini tidak dianjurkan untuk di gunakan di layarnya, melainkan pinggiran HP saja.

Caranya cukup mudah, yaitu kalian cuma harus menggosok sela-sela yang masih kotor sampai benar-benar besih.

5. Menggunakan Solatip/Isolasi

koinilmu.com

Cara ini termasuk ampuh untuk mengangkat kotoran dan juga debu yang ada di layar4 HP kalian, tapi kalian juga harus sangan hati-hati untuk menggunakanya. Cara penggunaanya cukup simpel yaitu:

  1. Siapkan solatip ataupun isolasi (kalau ngga punya beli).
  2. Bersihkan layar HP kalian terlebih dulu.
  3. Tempelkan solatip maupun isolasi di layar HP kalian.
  4. Diamkan hingga bebera saat agar kotoranya terangkat maksimal.
  5. Lepaskan solatip yang menempel dilayar dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan pada layar HP.

Nah, gimana? Cukup simpelkan untuk membersihkan layar HP menggunakan isolasi/solatip ini.

6. Menggunakan Alkohol

koinilmu.com

Membersihkan layar HP menggunakan alkohol adalan cara yang paling efektif untuk membunuh kuman dan virus yang ada di layar HP. Karena alkohol merupakan cairan untuk pembersih ataupun untuk menyeterilkan sesuatu. “Kecuali menyeterilkan atau membersihkan dosa.

Cara membersihkanya cukup simpel yaitu:

  1. Taung alkohol secukupnya ke kapas atau tissu.
  2. Lap ke layar HP kalian secara merata.
  3. Diamkan sebentar HP kalian sampai kering.
  4. Lalu Bersihkan lagi layar HP sebelum di gunakan kembali.

7. Menggunakan Cairan Khusus Untuk Layar

koinilmu.com

Di zaman serba mudah ini, sudah banyak cairan khusus ataupun alat pembersih layar HP. Kalian bisa membelinya di online shop maupun toko electronik terdekat.

Cara menggunakan cairan ini sangat mudah, tinggal di semprotkan di layar HP, lalu di usap pakai tissu kering sampai benar-benar bersih. Simple bukan?

8. Menggunakan Sinar UV

koinilmu.com

Menggunakan sinar UV merupakan cara yang efektif . Cara ini membutuhkan alat yang mengeluarkan sinar UV, alat ini bisa membantu kalian membersihkan layar HP yang kotor dan juga bisa membunuh kuman / virus sekalian.

Seberapa Sering Sih Harus Membersihkan Layar HP?

Menyeka layar HP dengan cepat menggunakan kain mikrofiber yang dilakukan setiap hari adalah cara memberishkan layar HP yang paling efektif.

Anda tidak perlu melakukan pembersihan menyeluruh setiap hari, tetapi cukup dengan kain mikrofiber saja. Pembersihan menyeluruh dapat Anda lakukan setidaknya dua atau tiga kali seminggu.

Jika Anda keberatan atau tidak punya cukup waktu untuk menyeka layar HP setiap hari, Anda dapat mencoba memanfaatkan kekuatan sinar ultraviolet.

Sinar UV merusak asam nukleat virus, membuatnya tidak lagi menular, seperti kata Dr. Gerba. Tetapi para ahli lebih sepakat bahwa mencuci tangan dan menggunakan tisu desinfektan sebagai cara membersihkan layar HP adalah pilihan yang lebih baik daripada menggunakan sinar UV.

Nah, mungkin itu saja yang bia saya share tentang cara-cara membersihkan HP dengan baik dan bersih. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat bagi kalian.

 

 

 

blank

Cara Bermain Catur Untuk Pemula

blank suta
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *